PENGARUH PENDAPATAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMSI ISLAMI (ANALISA PADA RUMAH TANGGA MUSLIM KOTA BUKITTINGGI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Rika Widianita (2018) PENGARUH PENDAPATAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMSI ISLAMI (ANALISA PADA RUMAH TANGGA MUSLIM KOTA BUKITTINGGI. Masters thesis, IAIN Bukittinggi.

[img] Text
Thesis Mhs.pdf

Download (791kB)

Abstract

Perilaku masyarakat selalu berubah-ubah seiring dengan kemajuan budaya, teknologi dan peradaban. Perilaku konsumen termasuk diantara deretan perilaku yang sangat cepat berubah, karena ia berkaitan dengan keseharian masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Mengenali prilaku konsumen tidaklah mudah, karena banyak faktor yang mempengaruhi dan melatar belakangi seseorang untuk melakukan konsumsi. Dalam ekonomi konvensional, kajian tentang perilaku konsumsi telah berkembang pesat. Perkembangannya dapat dilihat mulai dari munculnya teori konsumsi yang disampaikan oleh John Maynard Keynes dengan General Theory-nya yang dikenal dengan teori Absolute Income Hyphothesis pada tahun 1936. Menurut Keynes besar kecilnya konsumsi seseorang ditentukan oleh besarnya jumlah pendapatan yang dimiliki. Semakin besar jumlah pendapatan seseorang maka semakin banyak juga jumlah barang dan jasa yang dapat dikonsumsi, sebaliknya semakin sedikit jumlah pendapatan maka akan sedikit pula jumlah barang dan jasa yang dapat dikonsumsi oleh konsumen tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Pascasarjana IAIN Bukittinggi > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Zulfani Sesmiarni
Date Deposited: 14 Apr 2019 00:08
Last Modified: 28 Oct 2019 04:20
URI: http://repo.iainbukittinggi.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item